Tuesday, March 5, 2013

CARA AMAN MENGGUNAKAN GAS ELPIJI

CARA AMAN MENGGUNAKAN
GAS ELPIJI

1.      Lihat tanggal kadaluarsa tabung gas sebelum membeli (biasanya tercetak besar berwarna putih). Contoh: jika tercetak 05-15, artinya tabung dapat digunakan sampai dengan bulan Mei tahun 2015.
2.     Gunakan regulator yang benar sesuai ukuran tabung gas. Semakin besar tabung gas, semakin besar tekanan gas didalamnya. Jadi pilihlah regulator dengan tekanan yang sesuai dengan tabung gas yang anda gunakan. Contoh: tabung gas 3 kg memiliki tekanan 375 psi, jika terpasang regulator akan naik menjadi 475 psi. Bila regulator yang dipasang hanya mampu menahan tekanan 300 psi, maka beban tekanan tidak dapat diatasi oleh regulator tersebut, sehingga kemungkinan terjadi ledakan akan sangat besar. Untuk itu cegahlah tekanan dengan melepas regulator jika kompor gas lama tidak digunakan (sebelum tidur atau akan ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama).
3.     Gunakan selang yang tahan leleh terhadap api. Selang yang baik adalah selang yang mampu menahan lebih lama dari kebakaran apabila terjadi kebocoran gas dan api menyambar, juga selang yang tahan terhadap gigitan tikus. Jadi selang tidak hanya satu lapisan saja dengan bahan mudah terbakar, tapi harus lebih dari dua lapis dan tidak mudah terbakar (meleleh jika terkena api).
4.     Bersihkan kompor gas secara rutin dari kotoran-kotoran yang menempel, gunakan lap yang bersih dan air hangat. Bila perlu semua komponen kompor gas dilepas dan dicuci bersih kemudian dikeringkan sebelum dirakit kembali.
5.     Pasang regulator tanpa ditekan kepalanya, pasang dengan benar dan cukup putar tombol ke ON saja. Jika gas tidak keluar, tepuk-tepuk ujung regulator yang terhubung dengan selang, lalu coba nyalakan kompor kembali.
6.     Tabung gas yang terpasang regulator dan selang ke kompor gas, sebaiknya diberi tatakan papan atau kardus yang tebal sebelum menyentuh lantai untuk menghindari pembekuan yang berakibat berkurangnya volume gas didalam tabung tersebut.
7.     Jika repot dengan cara perawatan regulator biasa, gunakan regulator otomatis yang dapat mencegah terjadinya kebocoran gas ataupun ledakan gas elpiji anda.
8.     Penggunaan elpiji yang paling aman adalah dengan memiliki 3 komponen utama, yaitu: REGULATOR OTOMATIS, SELANG TIGA LAPIS, dan KOMPOR GAS BERKUALITAS.
 
Created by Aji Nugroho, S.Ag. | Master Luyut Center | Business Division
T. 081-385-962869 or 08111-262-471 | Buleleng, Bali
For More Click

No comments: